Sunday, January 23, 2011

Penelitian Menurut Tingkat Ekplanasinya

Penelitian Deskriptif
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel satu dan lainnya.
Contoh : bagaimana efisiensi kerja pegawai, bagaimana tingkat motivasi kerja pegawai atau bagaimanakah kualitas SDA papua. Yang dicetak miring inilah yang akan diteliti.

Penelitian Komparatif
Penelitian komparatif adalah penelitian yang bersifat membandingkan. Disini variabelnya masih sama dengan penelitian variabel mandiri tetapi untuk sampel yang lebih dari satu atau lebih dalam waktu yang berbeda.
Contoh : Perbedaan profil pimpinan dari waktu ke waktu, adakah perbedaan antara Bank Swasta dan Bank Pemerintah atau adakah perbedaan antara Bupati yang lama dan yang baru.

Penelitian Asosiatif/Hubungan
Penelitian asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara antara variabel atau lebih. Penelitian ini mempunyai tingkatan yang tertinggi bila dibandingkan dengan penelitian deskriptif atau komparatif. Dengan penelitian ini maka akan dibangun suatu teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala.
Contoh : pengaruh kepemimpinan terhadap disiplin kerja pegawai, hubungan antara motiivasi dan efektiffitas kerja pewagai dan pengaruh insentif terhadap prestasi kerja.


Sugiyono, 2003.

No comments:

Lagu Kei "WATAT"

NEN NEN O DEN BE O, NEN NEN O DEN BE O TANAT NA HU DANG BO NA EN SAR O NEN O MATAM DAN BE O, NEN O MATAM DAN BE O UM VAL WAHAM DO FO MLI...