Sunday, January 23, 2011

Penelitian Menurut Metode

Penelitian Survey

Penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian relatif, dsitribusi, dan hubungan antar variabel sosiologis maupun psikologis (Kelinger, 1973).

Penelitian Ex Post Facto

Penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut kebelakang untuk mengetahui faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut.

Penelitian Ekperimen

Penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat.

Penelitian Naturalistik

Penelitian ini sering disebut juga dengan motede penelitian kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada obyek ilmiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis bersifat induktif dan hasil penelitian lebih menekankan makna daripada generalisasi.

Policy Research (Penelitian Kebijakan)

Penelitian ini dimulai karena adanya masalah dan masalah ini pada umumnya dimiliki oleh para manajer pengambil keputusan dalam suatu institusi. Majchrzak (1984) mendefinisikan policy research sebagai suatu proses penelitian yang dilakukan pada, atau menganalisis terhadap masalah sosial yang mendasar sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertindak secara praktis dalam menyelesaikan masalah.

Action Research (Penelitian Tindakan)

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan metode kerja yang paling efisien sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produktifitas lembaga dapat meningkat dengan melibatkan anggota untuk mengkaji kelemahan, kebaikan dan hal lain yang berguna bagi pengembangan suatu organisasi.

Penelitian Evaluasi

Penelitian ini dapat juga dikatakan evaluasi, tetapi juga dapat dikatakan sebagai penelitian. Sebagai evaluasi berarti hal ini merupakan bagian dari proses pembuatan keputusan yaitu untuk membandingkan suatu kejadian, kegiatan dan produk dengan standar dan program yang telah ditetapkan. Evaluasi sebagai penelitian berarti akan berfungsi untuk menjelaskan fenomena.

Penelitian Sejarah

Penelitian ini berkenaan dengan analisis logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung dimasa lalu. Tujuan penelitian sejarah adalah untuk merekonstruksi kejadian-kejadian masa lampau secara sistematis dan obyektif melalui pengumpulan, evaluasi, verifikasi dan sintesa data yang diperoleh sehingga ditetapkan fakta-fakta untuk membuat suatu kesimpulan (Isaac,1981). Namun demikian kesimpulan yang diperoleh sifatnya masih hipotesis.


Sugiyono, 2003.

No comments:

Lagu Kei "WATAT"

NEN NEN O DEN BE O, NEN NEN O DEN BE O TANAT NA HU DANG BO NA EN SAR O NEN O MATAM DAN BE O, NEN O MATAM DAN BE O UM VAL WAHAM DO FO MLI...